Rabu, 21 Desember 2016

Apa saja manfaat sholat Tahajjud ?

1. Penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa
    "Lakukanlah qiyamul lail, karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah." (HR. At-Tirmidzi)



2. Melancarkan aliran darah di tubuh
    Shalat tahajjud biasanya dilakukan pada pukul 03.00 pagi. Ketika itu, udara di atmosfer masih sangat segar untuk dihirup oleh paru-paru. Tubuh kita menggerak-gerakkan otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar.

3. Membesarkan rongga pau-paru
    Gerakan takbiratul ihram dengan diikuti gerakn bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih lebar. Hal itu diketahui mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru. Kerap kali kita merasakan paru-paru jauh lebih lapang daripada sebelumnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu olah nafas yang sangat baik selain olahraga.

4. Jaminan masuk surga
    Rasulullah pernah mengatakan bahwa siapapun yang melaksanakan sholat tahajjud, maka jaminan surga baginya. Hal ini diriwayatkan dalam salah satu hadits, sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: "Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malam lah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat." (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At- Tirmidzi)

5. Pikiran jauh lebih segar
    Bangun tidur pastinya kita memiliki pemikiran yang jauh lebih jernih. Bayangkan saja, dalam 1 hari jantung manusia bekerja 100.000 kali dan bernafas sebanyak 20.000 kali. setiap organ tersebut membutuhkan waktu istirahat yang cukup.
Nyatanya tidur adalah istirahat yang sangat baik bagi tubuh. Dengan begini, seluruh organ tubuh akan beristirahat dari setiap tugas beratnya. Tidur membantu tubuh memulihkan sel yang sempat terganggu, mengembalikan kekuatan dan otak pun kembali bekerja dengan baik.

6. Menigkatkan sistem kekebalan tubuh
    Secara bio-teknologi, penemuan baru menyebutkan bahwa shalat tahajjud mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Disamping itu, bagi para penderita kanker akan merasakan manfaat lainnya, yaitu menghilangkan rasa nyeri yang kerap melanda. Pada bidang ini pula dikatakan bahwa shalat tahajud dapat meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anestesi pra bedah.

7. Sholat yang paling afdol setelah sholat 5 waktu
    Tak ada tempat berbagi ataupun mengadu yang lebih baik selain kepada Allah SWT. Sholat tahajud menjadi salah satu ibadah yang paling afdol setelah sholat 5 waktu sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Seutama-utama sholat sesudah sholat fardu adalah sholat sunnah di waktu malam." (HR. Muslim)

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari sholat tahajjud. Semoga kita dapat istiqomah dalam melaksanakannya, amin.

Tidak ada komentar: